write code cpp on sublime 3 | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: write code cpp on sublime 3

Selasa, 11 Februari 2020

write code cpp on sublime 3

Menulis Code CPP Sublime 3

Sublime ?

adalah salah satu text editor yang multifungsi digunakan untuk menulis coding berbagai macam bahasa pemrograman / script, yang bisa diinstall pada banyak sistem operasi, terdapat versi gratis (sublime unregistered) dan juga ada versi yang berbayar registered. Sesuai judul di atas apakah bisa menggunakan sublime 3 untuk nulis coding cpp ? biasanya kan sublime digunakan untuk coding php, html, css atau javascript ? bisa bisa bisa, sublime juga bisa digunakan untuk menulis coding cpp, java, actionscript, ant, phyton, ruby dan banyak lagi yang lainnya ? Kalau sekarang kami biasanya menggunakan sublime untuk coding php, html, css, javascript, setelah gogling bentar wah ternyata sublime multifungsi sebagai text editor luar biasa.

Install Sublime 3

Silakan donwload dan install sublime 3 pada web official sublime disini , dapat diinstall pada lingkungan windows, windows64, OS X, linux juga tersedia versi portable, sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada OS kita, cuup diklik dua kali pada programnya dan langsung bisa dipakai.

Sublime Cpp ?

Sublime kan cuma text editor, jadi untuk melakukan compile file cpp diperlukan compiler, kami menggunakan compiler g++ , untuk sistem operasi windows dapat menggunakan compiler MinGW (Minimalist GNU for Windows), install compilernya terlebih dahulu, baru kemudian melakukan setting pada bagian sublime.

Setting Sublime

Copykan script ini pada file yang muncul setelah klik menu Tool > Build System > New Build System
{
    "cmd": ["g++ ${file} -o ${file_path}/${file_base_name} && echo 'Build Finished' && ${file_path}/${file_base_name}"],
    "shell" : true
}
kemudian simpan dengan nama C++ Build and Run.sublime-build
setelah file ini disimpan maka akan muncul, menu Build and Run pada list Build System


Menulis Coding CPP

Buat folder workspace dengan nama folder workspace atau folder project atau folder cpp atau terserah sesuai dengan keinginan, kemudian klik menu File > open folder > pilih folder yang sudah dibaut sebelumya.


Buat file cpp baru, dengan klik kanan pada folder project, pilih New File, simpan dengan nama coba.cpp

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {


for( int i = 1 ; i <= 100 ; i++ ) {
cout<< "nilai i = " << i << endl;
}

}

Setelah selesai membuat coding di atas, compile file tersebut dengan tombol Ctrl + B

maka akan muncul pada bagian bawah hasil running dari program tersebut.
Demikian contoh coding cpp yang ditulis pada sublime text dan dicompile menggunakan g++ compiler, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux