akses phpmyadmin dari komputer lain dalam LAN | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: akses phpmyadmin dari komputer lain dalam LAN

Rabu, 06 Maret 2024

akses phpmyadmin dari komputer lain dalam LAN

Akses phpMyAdmin dari Komputer Lain dalam Jaringan Lokal Menggunakan XAMPP

Pendahuluan

XAMPP adalah paket perangkat lunak sumber terbuka yang populer untuk pengembangan web lokal. Ini mencakup Apache, MySQL, PHP, dan alat lain yang sangat berguna untuk mengembangkan dan menguji situs web dan aplikasi.

Salah satu fitur yang sering digunakan dalam XAMPP adalah phpMyAdmin, antarmuka web untuk mengelola basis data MySQL. Secara default, phpMyAdmin diatur untuk hanya dapat diakses dari komputer yang menjalankan XAMPP. Namun, dengan sedikit konfigurasi, Anda dapat mengaktifkan akses phpMyAdmin dari komputer lain dalam jaringan lokal Anda.

Langkah-langkah

1. Buka File Konfigurasi httpd-xampp.conf

Langkah pertama adalah membuka file konfigurasi httpd-xampp.conf. Anda dapat menemukan file ini di direktori instalasi XAMPP Anda, dalam folder apache\conf\extra.

2. Temukan Konfigurasi untuk phpMyAdmin

Di dalam file httpd-xampp.conf, cari bagian yang mengatur konfigurasi untuk phpMyAdmin. Ini biasanya akan terlihat seperti ini:

Alias /phpmyadmin "C:/xampp/phpMyAdmin/"
<Directory "C:/xampp/phpMyAdmin">
   AllowOverride AuthConfig
    Require local
    ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var
</Directory>

3. Mengubah Konfigurasi untuk Menerima Koneksi dari LAN

Tambahkan konfigurasi berikut di bawah <Directory "C:/xampp/phpMyAdmin">:

AllowOverride AuthConfig
Require all granted

Setelah perubahan, konfigurasi Anda harus terlihat seperti ini:

<Directory "C:/xampp/phpMyAdmin">
    AllowOverride AuthConfig
    Require all granted
    ErrorDocument 403 /error/XAMPP_FORBIDDEN.html.var
</Directory>

4. Simpan dan Tutup File Konfigurasi

Simpan perubahan yang Anda buat pada file httpd-xampp.conf, dan tutup editor teks Anda.

5. Restart Server Apache

Terakhir, Anda perlu me-restart server Apache di XAMPP Anda untuk menerapkan perubahan yang baru saja Anda lakukan.

6. Mengakses phpMyAdmin dari Komputer Lain

Sekarang, phpMyAdmin harus dapat diakses dari komputer lain dalam jaringan lokal Anda. Cukup buka browser web di komputer lain dan masukkan alamat IP komputer yang menjalankan XAMPP diikuti dengan /phpmyadmin (misalnya http://<IP_Komputer_XAMPP>/phpmyadmin).

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat mengaktifkan akses phpMyAdmin dari komputer lain dalam jaringan lokal Anda. Ini memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah antara pengembang dalam pengelolaan dan pengeditan basis data MySQL menggunakan antarmuka web yang nyaman. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam pengembangan proyek web Anda dengan XAMPP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux