laravel two column validation | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: laravel two column validation

Minggu, 19 Maret 2017

laravel two column validation

Bagaimana membuat validation menggunakan dua field atau kolom ?

Laravel Validation



Posting kali ini sebagai dokumentasi pribadi admin, sebagai pengingat jika saja di lain waktu admin memerlukan contoh source code laravel untuk memvalidasi data. Validasi disini dimaksudkan pengecekan data sebelum data diteruskan ke post berikutnya (bahasa admin sendiri), supaya ketika data akan dimasukkan dalam database, data tersebut sudah benar-benar valid bagi aplikasi yang akan menggunakan data tersebut.







Two columns/fields validation laravel


Tulisan ini lahir setelah ane berhasil membuat validation pada laravel ketika mau melakukan save data ke dalam database menggunakan dua field/kolom. Aplikasi yang admin bangun adalah aplikasi penerimaan mahasiswa (singkat:PMB) baru untuk suatu politeknik yang ada di Banjarmasin. Ceritanya aturan yang diterapkan ketika data pendaftaran PMB yang akan dimasukkan ke dalam database dianggap valid jika field NAMA dan field TANGGAL-LAHIR benar-benar unique (belum ada sama sekali kombinasi tersebut di database).

Laravel, MySQL


Aplikasi laravel yang admin bangun menggunakan database mysql/mariadb, database ini akan menolak jika ada nama dan tanggal-lahir yang sudah ada dalam database yang akan ditangani oleh laravel validation. Apa sebabnya ya, penyebabnya adalah supaya nama yang sebelumnya sudah di-input dengan tanggal lahir tertentu, tidak akan masuk beberapa kali, intinya mencegah double-input.


Code Laravel Validation

Ini contoh codingnya gan
:

saifiahmada.com laravel column validation


Tulisan Lain Tentang Laravel:



membuat page 404 error
auth access register
install laravel 5.3 linuxmint
Laravel Database Connection
Error Create Project Laravel
Error migrate laravel xampp linuxmint
Laravel Route Auth

Penutup


Semoga tulisan ini berguna bagi agan-agan yang lagi memerlukan, terima kasih gan sudah mamapir ke blog ane, silakan comment dan share gan lewat tombol yang ada di samping kiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux