update git remote server | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: update git remote server

java linux php mysql bootstrap sql sping boot linuxmint laravel



Senin, 25 November 2019

update git remote server

Update Git Remote Server


Tulisan ini ditulis sebagai catatan untuk diingat dan dibaca sewaktu-waktu jika lupa :), hari ini dan sudah beberapa hari salah satu server remote git sering terjadi gangguan, entah kenapa ? sepertinya emang gangguan dari servernya, karena ketika dicek menggunakan koneksi internet yang lain juga tidak bisa dibuka web dan servicenya, sehingga dengan sebab tersebut rencananya hari ini akan dipindahkan ke remote server git yang lain.

Menampilkan List Remote


Untuk menampilkan list remote dari project kita, jalankan perintah di bawah ini, untuk cara lain sebenarnya bisa kita cek dengan membuka file config yang ada pada folder .git, sedangkan jika ingin menggunakan command line interface mode bisa menggunakan perintah ini :

git remote -v

Menghapus Remote 


Pertama untuk lebih aman kita gunakan cara ini ( aman menurut saya yang belum tau cara yang lebih aman :)  ) , kita lakukan hapus terlebih dahulu remote dari project kita menggunakan perintah ini :

git remote rm origin

Apakah remote rm sukses ?


Jalankan lagi perintah untuk menampilkan list dari remote, untuk memastikan perintah remove di atas sukses dijalankan, jika perintah menampilkan list remote ini sudah tidak menampilkan remote lagi, seperti sebelumnya, maka perintah untuk menghapus (rm) tersebut adalah sukses.

git remote -v

Menambahkan Remote


Buat dulu remote di server yang baru, dengan cara membuat repository baru, kemudian copy dan paste hasil dari repository tersebut yang biasanya berakhiran .git,

Setelah menghapus remote sukses, sekarang lakukan penambahan remote, dengan remote server yang baru, jalankan perintah remote add origin, lengkapnya seperti ini :

git remote add origin https://server-git.com/user/project.git

Apakah remote add  sukses ?

Kita cek lagi apakah perintah menambahkan remote server yang baru sudah sukses, perintahnya sama dengan sebelumnya yaitu :

git remote -v


Proses Commit Ke Server Remote Git yang Baru

Sebelum melakukan commit atau push ke server remote git yang baru, sebaiknya kita tambahkan dlu ssh key pada server remote git yang baru.

Buat SSH Key di Local


Buat ssh-key yang baru jika laptop / komputer yang digunakan belum pernah terkoneksi sebelumnya ke server remote yang baru.

ssh-keygen -t rsa -b 4096 -C "email@email-server.com"

ssh-add ~/.ssh/id_rsa

Copy SSH KEY PUB ke Paster Ke Server Remote Git yang Baru


Buka file ~/.ssh/id_rsa.pub dengan text editor, kemudian copy,

dan paste pada SSH Key yang ada pada menu setting SSH Key.

Proses Add - Commit  dan Push


Jalankan perintah git add untuk memindahkan file dari working directory ke stage area.

git add .

Kemudian jalankan perintah commit, untuk melakukan proses pengiriman file dari stage area ke reposiroty local.
git commit -m 'Pindah remote server'

Setelah commit, jalankan perintah git push, untuk mengirimkan file dari repository local menuju repository remote.

git push -u origin master

pada saat menjalankan perintah git push,, maka akan ditanyakan email username untuk konek ke server remote git yang baru, beserta passwordnya.

Silakan cek pada web server git remote terbaru, untuk melihat hasil push tersebut.
Alhamdulillah sukses memindahkan remote repository ke server git yang baru
Selesai, semoga bermanfaat bagi yang ikut membacanya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux