check version of all installed package in laravel | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: check version of all installed package in laravel

Jumat, 22 November 2019

check version of all installed package in laravel

Check Version Package in Laravel

Untuk menginstall package pada aplikasi laravel biasanya kita menggunakan composer, misalnya untuk menginstall package LaravelCollective kita gunakan perintah ini :

composer require laravelcollective/html

Composer itu apa ?

Baca cara install composer linuxmint

Menurut wikipedia, composer adalah :

Composer is an application-level package manager for the PHP programming language that provides a standard format for managing dependencies of PHP software and required libraries.

jika diterjemahkan dengan bahasa sendiri kurang lebihnya,: manager aplikasi  untuk pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk melakukan pengaturan terhadap dependency (dependencies) software PHP dan library yang diperlukan.

Check Version All Package


Jika komputer sudah terinstall composer, cara melakukan pengecekan versi package yang terinstall pada aplikasi laravel bisa dilakukan dengan menjalankan perintah ini pada path folder project laravel, misalnya project laravel berada pada path /home/user/project/laravel, maka perintahnya adalah sebagai berikut :

Ubah path :
cd /home/user/project/laravel

Kemudian jalankan perintah composer
composer show -i

untuk sekarang ini perintah composer show -i masih bisa dipakai meskipun statusnya sudah deprecated, jika perintah composer show -i dijalankan akan muncul warning seperti ini :
You are using the deprecated option "installed". Only installed packages are shown by default now. The --all option can be used to show all packages. Cukup sekian dlu semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux