seo audit online | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: seo audit online

Minggu, 02 April 2017

seo audit online

Seo Audit Result Blog



Hari ini hari Ahad tanggal 2 April jam 09.30, admin melakukan seo audit secara online menggunakan salah satu web pengecekan seo online, pada postigan sebelumnya admin membahas tentang ekstensi seo pada browser chrome, bisa dibaca disini gan : [ seo chrome extension ] admin menggunakan seoptimer.com hasilnya lumayan gan, blog ini mendapatkan nilai B-, ada banyak informasi yang diberikan oleh web seo audit ini, kenapa nilai B- admin katakan lumayan, karena pada mengecekan sebelumnya blog ini mendapatkan nilai C.

Pembenahan yang admin lakukan diantaranya menambahkan data meta title dan meta description pada pengaturan di blogger, selanjutnya menambahkan data/properties alt dan title pada image yang ada pada blog, untuk pembahasan mengenai optimisasi image bisa dibaca pada posting admin sebelumnya di : 4 pengaturan menulis blog . Ini skrenshot hasil akhir pengecekan seo di blog admin :
seo audit online result

Data Semua Kategori SEO




Kategori yang dinilai oleh web seo audit ini diantaranya data seo itu sendiri, performance, UI/mobile, Social dan security. Ini skrenshot tentang penilaian kategori SEO :
seo performance ui mobile social security

Nilai SEO

Nilai dari seo untuk blog ini menurut seo auditor online ini adalah B, dengan komentar "Your SEO is good". Adapun penilai untuk kategori seo pada blog ini adalah ada tidaknya title tag beserta jumlah karakter yang ada pada title tag serta meta description tag beserta jumlah karakternya. Pada blog ini admin menggunakan title tag "java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query" yangg jumlah karakternya 57, seo auditor ini menyarankan untuk membuat title tag berkisar antara 10 sampai 70 karakter, sedangkan untuk meta descriptionnya berkisar antara 70 sampai 160 karakter.
header seo


Body Content


Pada penilaian content disebutkan bahwa keyword utama blog harus didistribusikan pada tag HTML, H1, H2, H3 dan seterusnya, jika ini dilakukan maka akan mendapatkan nilai yang baik terhadap nilai akhir SEO blog kita, karena blog admin adalah blog gado-gado (baca campuran semua hal) atau istilahnya tidak menggunakan niche tertentu, sehingga nilai untuk kategori ini kurang bagus.
body content seo

Keyword Consistency



Seperti admin sebutkan di atas blog gado-gado admin ini, tidak mempunyai nilai bagus untuk kategori penilaian distribusi tag-tag penting HTML dan keyowrd consistency, karena keyword utama sering tidak muncul pada postingan.
keyword consistency seo

Text to HTML Ratio



Ini penilaian tentang perbandingan antara text dengan HTML tag, semakin kecil (di bawah 10%) ratio semakin berat serach engine akan melakukan pembacaan terhadap blog kita, saran admin supaya text harus lebih besar rationya dibandingkan dengan tag HTML yang digunakan pada blog, meskipun begitu blog admin ini ternyata mempunyai nilai kurang bagus untuk kategori ini.
selain ratio tersebut, perlu juga diperhatikan untuk selalu memberikan nilai alt dan title pada image yang dimasukkan pada blog, seperti yang admin sebutkan sebelumnya.

Link Backlink



Link yang pada blog juga penting untuk penilaian seo, begitu juga backlink, backlink merupakan link pada web/blog orang lain yang menuju blog kita, sehingga semakin banyak backlink akan mudah dikenali oleh search engine, secara otomatis akan berpengaruh dengan peringkat blog pada tingkat dunia atau negara lokal.
link backlink seo


Other File Blog



Adanya robots.txt yang fungsinya berhubungan dengan crawler search engine, folder/url mana aja yang boleh di-craw oleh search engine dan yang tidak boleh diakses oleh search engine. Selain robots.txt ada juga XML sitemap, file berfungsi untuk mempermudah search engine untuk melakukan crawler terhadap blog kita. Selanjutnya adalah adanya Analytics Tool, yang berguna untuk menganalisa blog kita dalam hal kunjungan, keyword dan informasi lain yang berhubungan dengan data alaisis terhadap blog kita. Adanya robots.txt, XML sitemap dan analytics tool berpengaruh terhadapa nilai SEO blog kita, karena file-file tersebut sangat penting untuk perkembangan blog kita.
robots text xml sitemap analytic tool



Performance



Performance blog bergantung pada ukuran file blog dalam hal kecepatan akses, ukuran file yang ada blog mempengaruhi besarnya ukuran blog, semakin besar ukuran file blog akan semakin lama di-load oleh komputer/device lain untuk membuka halaman blog, ini berpengaruh dengan speed load blog, yang berpengaruh juga dengan kenyamanan pengguna.
file blog performance seo

UI Mobile



Pada analytic tool bisa kita ketahui ratio device yang mengakses blog kita dari komputer/pc atau berasal dari device mobile seperti tab dan smartphone, sehingga aspek tampilan yang ada pada device mobile perlu kita perhatikan, hal ini berhubungan dengan template/theme yang kita gunakan, apakah theme kita bersifat responsive atau tidak, jika bersifat responsive berarti blog kita bagus tampilannya untuk device mobile, semakin responsive blog kita semakin bagus hasil SEO kita dan otomatis akan meningkatkan traffic pada blog kita.

Social Media Share



Faktor sharing blog melewati sosial media merupakan faktor penting baik untuk blog sudah terkenal apalagi untuk blog yang masih berkembang (mepunyai traffic kecil, seperti blog admin ini hehe), semakin banyak sosial media yang digunakan diharapkan akan meningkatkan traffic blog kita. Social Media Share ini juga berhubungan dengan blog kita, misalnya menambahkan akun facebook dan twitter kita ke blog, membuat fans page facebook dan kemudian kita konekan dengan blog kita, 
social media share seo Pada blog ini, saat melakukan audit seo pada hal sudah mempunyai fans page facebook, sudah mempunyai twitter profile tetapu nilainya masih D, admin belum mengetahui kenapa dengan hal ini.
Security
Kategori security blog juga mempengaruhi terhadap nilai akhir SEO, blog dengan domain https (SSL) mempunyai nilai yang bagus dibandingkan dengan domain yang hanya bisa diakses menggunakan protokol http (tanpa SSL), karena lebih aman (secure) blog dengan domain SSL dibandingkan tanpa SSL.

Expired Date Blog





Tanggal expired suatu domain juga mempengaruhi nilai akhir SEO suatu blog, semakin lama tanggal expired akan semakin bagus nilai SEO nya, karena tanggal expired yang mana itu mengindikasikan bahwa owner domain tersebut mempunyai niat yang serius terhadap domain tersebut.

Video


Untuk lebih jelasnya bisa tonton video ini :




Posting SEO

Posting tentang SEO lainnya bisa agan baca pada link-link berikut ini, misalnya bagaimana supaya posting kita dalam 10 menit sudah diindex sama google : crawl-index-google, serta bagaimana webmaster tools/search console punya google untuk mengembangkan blog/website kita, bisa agan baca disini : google-webmaster-tools-search-console

Demikian gan posting admin tentang seo audit online, semoga ulasan ini ada manfaatnya, silakan tekan tombol share/berbagi untuk sharing positng ini. Terima kasih gan sudah mampir.

2 komentar:

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux