7 hal ini penyebab manusia sombong | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: 7 hal ini penyebab manusia sombong

Selasa, 29 November 2016

7 hal ini penyebab manusia sombong

7 (Tujuh) Penyebab Sombong

Tulisan ini tentang penyebab orang sombong, yang penulis dapatkan ketika pengajian kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Ghazali yang digelar setiap malam Kamis di salah satu pengajian di Banjarmasin

penyebab manusia sombong


Sombong itu apa

اِسْتِعْظَامُ النَّفْسِ وَرُؤْيَةُ قَدْرِهَا فَوْقَ قَدْرِ الْغَيْرِ


Kurang lebih artinya : menganggap merasa mulia diri sendiri dan memandang kemampuan/kekuatan diri sendiri di atas kemampuan orang lain, kalam ini adalah sebagian dari kalam Imam Ghazali R.A.


اَلْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ 

Yang artinya : Sombong itu menolak yang benar dan meremehkan manusia (H.R. Muslim dan Tirmidzi)

7 penyebab sombong

Di bawah ini akan diuraikan tentang penyebab-penyebab yang berpeluang menyebabkan hati manusia sombong baik dalam perasaan maupun perbuatan :

1. Ilmu

Orang yang mempunyai ilmu, jika tidak didasari dengan ilmu dalam (ilmu tasawuf) akan menyebabkan seseorang berpeluang untuk menyombongkan diri baik sombong di lidah, di hati atau pun sombong dalam bentuk perbuatan. Sebagai contoh orang yang mempunyai ilmu tajwid (jika belum terinstall hatinya dengan ilmu akhlak/tasawuf) akan berpeluang sombong/merendahkan orang lain ketika menemui orang lain yang salah tajwidnya ketika membaca Al-qur'an atau Hadist.

2. Amal/Ibadah

Amal/ibadah yang dimiliki seseorang juga berpeluang menyebabkan orang sombong, misalnya ketika seseorang punya amalan tertentu, bisa saja di dalam hatinya merasa orang yang satu-satunya yang bisa mengerjakan amal itu, sekali lagi jika hatinya belum diinstal ilmu akhlak seseorang tersebut akan berpeluang hatinya menjadi sombong lantaran amal yang sudah dikerjakan.

3. Keturunan

Keturunan ? ya keturunan bisa membuat seseorang menjadi sombong, misalnya keturunan orang alim, keturunan orang kaya, keturunan darah biru, keturunan orang terhormat, bagaimana ketika seseorang yang kebetulan posisinya sebagai anak pejabat tinggi, apakah bisa sombong, ya sangat mungkin bisa virus sombong masuk ke dalam hati, jika (sekali lagi) hatinya belum terinstall aplikasi anti virus sombong ini, yaitu ilmu akhlak( ilmu tawasuf).

4. Kecantikan/Ketampanan

Orang cantik bisa sombong ga ? dan Orang ganteng/tampan bisa sombong ya ? silakan direnungkan jika pembaca sekalian tiba-tiba menjadi orang tercantik atau terganteng sekampung aja, kira-kira gimana cara jalannya, mungkin akan berbeda dengan cara jalan orang standar (ganteng non maksimal), bisa berpontensi sombong kan ? bisa iya bisa juga tidak, sekali lagi (tergantung) lihat hatinya sudah terinstall anti virus sombong apa belum ?

5. Harta

Harta/kekayaan bisa membuat orang sombong ga ? kita baca sejarah Fir'aun, Sa'labah, Qarun, karena kekayaan kan ? Apa bedanya orang (pencinta) dunia dengan orang akhirat, orang pecinta dunia lebih tertarik dengan kekayaan dunia dibandingkan dengan kebahagian akhirat, benar ga ? monggo dicari contohnya :)

6. Kekuatan/Kekuasaan

Kekuatan/kekuasaan bisa menyebabkan orang sombong, percaya ga ? Orang yang sedang menjabat sesuatu jika hatinya (sekali lagi lagi) belum diinstal antivirus sombong, sangat berpeluang untuk berperilaku sombong, misalnya dari kata-katanya, dari sikapnya, dari cara mengambil keputusan, dll dan dsb.

7. Pengikut/Pendukung

Ketika twitter/facebook ada mempunyai banyak mempunyai follower apa yang Anda rasakan apakah akan mempunyai rasa sombong di hati Anda ? Atau ketika Anda mempunyai pengikut, kelompok yang mencintai atau mendukung Anda ? berpotensi kan penyakit sombong ini hinggap di hati ? Silakan dirasakan sendiri :)


Akibat Orang Sombong

Apa akibat dari orang yang di hatinya ada perasaan sombong, walaupun sekecil dzarroh (partikel terkecil dalam ilmu Fisika) ?


لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ، قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُوْنَ ثَوْبُهُ حَسَناً وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قَالَ: إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، اَلْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ


H.R. Muslim dan Tarmidzi :
“Tidak akan masuk surga orang yang di hatinya ada kesombongan walaupun sebesar dzarrah (molekul terkecil). Seorang laki-laki berkata, ‘Sesunggunya seseorang menyukai pakaian dan sandalnya bagus’. Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya Allah itu Mahaindah dan mencintai keindahan. Sombong itu adalah menolak hak dan merendahkan manusia’.”

Penutup


Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua, dan bisa menghindari 7 penyebab sombong tersebut di atas. Aamin. Silakan di-share jika tulisan ini bermanfaat bagi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux