install font google | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: install font google

Senin, 31 Juli 2017

install font google

Install Google Font


Bagaimana cara menggunakan font google ? Font google kan biasanya digunakan untuk aplikasi berbasis web ? emang bisa digunakan di local komputer untuk ngetik atau untuk desain grafis ? bisa bisa bisa gan :)

Sebelumnya kan admin share video tentang cara menggunakan google font secara offline di youtube, tapi share yang itu untuk digunakan pada aplikasi berbasis web, agan bisa tonton disini :
Salah satu contoh penggunaan google font pada aplikasi web adalah seperti font yang digunakan pada blog ini, menggunakan salah satu font dari google yang bernama Tillium Web. Sedangkan pada posting ini adalah cara menggunakan font google untuk keperluan desain grafis atau juga bisa digunakan untuk membuat laporan/tulisan pada aplikasi perkantoran seperti ms word / libre office writer / open office.

Cara Download



Buka halaman google font disini : fonts.google.com kemudian pilih font yang akan agan download dengan cara click tombol plus (tombol tambah), kemudian klik pada kotak hitam di bagian bawah seperti tampilan ini :
Kemudian akan muncul tampilan seperti ini :
Maka akan mendownload font yang dipilih, setelah selesai download, extract file tersebut, dan cari file yang berekstensi *.ttf, kemudian klik 2 kali sampai ada konfirmasi font installed seperti gambar di bawah ini (ini tampilan untuk gnu/linux linuxmint, akan beda jika agan install di sistem operasi lain seperti ms windows)

Nah setelah itu, font ini baru bisa digunakan gan, silakan buka program untuk penulisan /pengetikan misalnya ms word/open office writer/libre office writer/notepad atau dll,, hehe,, bisa juga digunakan untuk aplikasi desain grafis gan misalnya inkscape, gimp, open shot dll.

Video



untuk agan lebih detail bisa agan tonton video di bawah ini:




Demikian gan postin admin kali ini tentang cara install font google, semoga bermanfaat, silakan share gan untuk berbagi pengetahuan semoga teman yang memerlukan dapat mengetahui pengetahuan ini, biar sedikit tapi cukup bermanfaat gan bagi yang belum mengetahui.

1 komentar:

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux