add blog webmaster tools | java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query java php laravel linux mysql sql bootstrap html css query: add blog webmaster tools

Kamis, 06 April 2017

add blog webmaster tools


Bagaimana Cara Menambahkan Blog ke Google Webmaster Tools ?

Apa itu Google Webmaster Tools atau yang disebut juga Google Search Console ? dan apa manfaatnya ? sudah admin bahas pada posting ini : [ mengenal google webmaster tools dan manfaatnya ]. Posting kali ini admin akan membahas tentang cara mendaftarkan blog/website ke Google Webmaster Tools a.k.a Google Search Console.
add property webmaster tools or google search console 

Langkah-langkah mendaftarkan blog ke webmaster tools



1. Buka link google search console : webmasters tools , jika belum login, gunakan account gmail/blogger anda untuk login.
2. Klik tombol Add Property, seperti gambar ini :
add property webmaster tools
3. Masukkan domain blog agan, untuk contoh lihat gambar di bawah ini :
add property google search console
4. Lakukan verifikasi, langkah ini merupakan sebagai konfirmasi dari agan bahwa agan memang benar-benar sebagai owner blog tersebut, verifikasi bisa dilakukan dengan beberapa metode di antaranya :
HTML File Upload, ini mengharuskan kita untuk mengupload file yang diberikan oleh google search console, untuk kita download, kemudian kita upload lagi ke hosting tempat kita meletakkan file blog, metode ini untuk blog/website yang mempunyai hak akses untuk mengupload file.
HTML tag, untuk blogger ini cara yang cukup mudah, karena kita cukup mengcopykan sebaris code meta tag, ke dalam file blog kita, dan dipastekan di dalam tag <head> dan </head> sebelum tag </body>.
Metode lainnya dengan Domain Name Provider, kemudian menggunakan google analytics, dan terkahir menggunakan tag manager, ketiga method terakhir belum pernah admin gunakan sebelumnya :) . Untuk lebih lengkapnya kita lihat gambar di bawah ini :
google search console verification method

kita pilih metode yang kedua yaitu HTML tag, setelah kita pilih radio button HTML tag akan muncul tampilan code yang harus kita copy-kan ke blog kita.
method verify website google search console

silakan agan copy-kan sebaris code seperti pada gambar di atas yang dikasih kotak merah, kemudian paste kan ke file html blog, caranya buka blogger > klik menu theme > klik Edit HTML, kemudian paste di antara tag <head> dan </head>, seperti ini tampilannya :
meta tag theme edit google verification
setelah itu agan simpan theme dengan tekan tombol Save theme,
5. Kemudian kembali lagi ke halaman google search console untuk menekan tombol Verify, untuk memverfikasi. Setelah tombol verify ditekan jika tidak terjadi kesalahan makan akan muncul pesan sukses.
Untuk lebih jelasnya agan bisa tonton video berikut ini :


Post Tentang SEO

seo-chrome-extention
seo-audit-online
10 menit crawl-index-google
google-webmaster-tools-search-console

Demikian gan posting admin tentang menambahkan blog ke webmaster semoga ada guna dan manfaatnya, silakan berbagi/share gan semoga teman yang lain bisa merasakan informasi ini, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saifiahmada.com adalah blog belajar programming Indonesia, membahas lengkap materi bahasa pemrograman: code HTML, CSS, Bootstrap, Desain, PHP, MySQL, coding Java, Query, SQL, dan dunia linux